KOPI JAMBI

Kopi Kota JambiKopi Jambi. Provinsi Jambi yang terletak di Sumatera bagian selatan ini memang namanya masih kurang popular sebagai daerah penghasil kopi jika dibandingkan dengan Provinsi lainnya di Sumatera misalnya, Sumatera Utara, Lampung dan Aceh. Meski demikian bukan berarti daerah ini tidak dapat menghasilkan biji kopi yang berkualitas dengan rasa yang khas. Sebenarnya daerah Jambi termasuk daerah perkebunan yang  menghasilkan berbagai jenis komoditi perkebunan. Lokasi perkebunan terkonentrasi di Bungo, Tebo, Merangin, Muara Jambi, Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat dan Sarolangun sebagai pusat perkebunan rakyat. Beberapa jenis kopi seperti Robusta, Luwak, Excelsa pun telah menjadi komoditi unggulan Provinsi Jambi.

Kopi Jambi AAAKopi khas Jambi ternama yaitu Kopi Bubuk Cap AAA, kopi asli ini diproduksi oleh PT. NEFO, Jambi Indonesia. Kopi AAA diracik dengan biji kopi pilihan dengan resep yang diberikan turun temurun dari beberapa generasi sejak tahun 1966 hingga sekarang. Warna kopi AAA ini hitam pekat, lebih pahit, aromanya harum dan agak bau kopi yang baru di tumbuk. Menikmati kopi AAA terasa minum kopi yang kita tumbuk sendiri.

Jenis Kopi Ekselsa (Excelsa) yang  sejak dahulu menjadi kopi andalan daerah jambi  baru-baru ini naik daun, pasalnya terjadinya peningkatan permintaan besar-besaran dari Negeri Jiran, Malaysia. Kopi Ekselsa adalah jenis kopi yang pengembangannya terbatas di Indonesia. Namun di Propinsi Jambi, kopi ini sudah dikenal sejak 50 tahun yang lalu. Kopi Ekselsa ini diperkirakan berasal dari wilayah sekitar Danau Chad di Afrika. Tanamannya bisa mencapai 9 meter dan mirip dengan kopi liberika. Beberapa perusahaan kopi terkemuka di Indonesia telah menggunakan kopi ini sebagai bahan baku. Kopi hasil perkebunan daerah Jambi memang bukan sembarang Kopi, selain Kopi Jambi memiliki citarasa dan tekstur yang Khas, kopi ini juga memiliki aroma yang alami. Dibawah ini kami kami tampilkan data statistik perkebunan Kopi Provinsi Jambi


PERKEBUNAN KOPI DI PROVINSI JAMBI

No Nama Daerah Luas Lahan
1 Kabupaten Batanghari Lahan yang sudah Digunakan (Ha): 2.100
2 Kabupaten Bungo Lahan yang sudah Digunakan (Ha): 1.536
3 Kabupaten Kerinci Lahan yang sudah Digunakan (Ha): 41.316
4 Kabupaten Merangin Lahan yang sudah Digunakan (Ha): 61.044
5 Kabupaten Muarojambi Lahan yang sudah Digunakan (Ha): 582
6 Kabupaten Sarolangun Lahan yang sudah Digunakan (Ha): 300
7 Kabupaten Tanjungjabung Barat Lahan yang sudah Digunakan (Ha): 13.848
8 Kabupaten Tanjungjabung Timur Lahan yang sudah Digunakan (Ha): 19.650
9 Kabupaten Tebo Lahan yang sudah Digunakan (Ha): 5.814

Sumber Data: Statistik Perkebunan 2008 – 2010
Direktorat Jenderal Perkebunan, Departemen Pertanian

Kopi EnakClick disini untuk melihat Produk.
Atau hubungi kami Via
Email : kopisumatera@gmail.com
Telah Terbit on Desember 6, 2010 at 7:11 pm  Komentar (1)  

Satu komentar

  1. Bagaimana kalau mau pesan? Tolong reply ke email: sonny_harmony@yahoo.com
    Terima kasih.


Komentar ditutup.

%d bloggers like this: